Bupati Lahat Cik Ujang SH Resmikan Bank Sampah Semidang Indah

Selatan News,
Di desa manggul kab.lahat

Senin 22-2-21 nasional (HPSN) jajaran Pemerintahan Desa (Pemdes) Manggil Kecamatan Kota Lahat bekerjasama dengan DP Patner membuka Bank Sampah Semidang Indah.

Bupati Lahat Cik Ujang mengatakan, timbunan sampah dan potensi pencemaran lingkungan hidup. Dan, bank sampah solusi kurangi volume sampah, sehingga, dapat mengurangi pengelolaan secara tepat dan benar.

“Nah, bank sampah merupakan pemilihan dan pengumpulan sampah dapat diatur atau didaur ulang, guna ulang memiliki nilai ekonomis dari sampah rumah tangga,” terang Cik Ujang dalam pidatonya pada, Senin kemarin.

Dijelaskan Bupati Lahat, konsep sampah kering dipilih dipilah, hanya saja bukan uang yang ditabung melainkan sampah. Lingkungan menjadi bersih, asri dan menimbulkan kemandirian secara ekonomi, memberikan dampak positif sampah bukan lagi musuh bisa diubah berkah mampu memperbaiki kesejahteraan Bangsa.

“Pada 2025 dapat mengelola sampah hingga 100 persen, diperlukan upaya pengurangan dari konsep 3R sebesar 30 persen. Bank sampah memberikan kontribusi untuk mewujudkannya,” tambah Bupati Lahat dalam pidatonya.

Intinya, sambung Cik Ujang, kalau di buang secara sembarangan menjadi musuh, alangkah baiknya dipenjuru Kabupaten Lahat memiliki bank sampah.

“Salah satu contoh, karet apabila dikumpulkan menimbulkan bau, tapi apabila sudah dibawa ke pengelola menghasilkan produk nilai jual tinggi,” ujarnya lugas.

Sementara, kepala desa (Kades) Manggul Hermansyah menegaskan, dengan adanya kehadiran bank sampah Semidang Indah ini, tentunya akan mampu mengurangi volume sampah.

“Sangat mengapresiasi sekali, pastinya sampah organik dan anorganik dapat berkurang,” ujar Hermansyah.

Oleh sebab itu, diharapkan kata Hermansyah, kepada warga baik Manggul ataupun luar desa, untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi, silahkan berikan ke bank sampah untuk dikelola.

“Yang jelas, ini akan memberikan nilai ekonomis, dengan cara mendatangi door to door ataupun langsung ke tempat sampah telah disediakan. Jadi, jangan lagi dibuang sembarang tempat lagi,” pungkas Hermansyah. ( lika)

Tinggalkan Balasan