MAHASISWA KKN TEMATIK BAGIKAN MASKER KE WARGA DESA TELATANG

MAHASISWA KKN TEMATIK BAGIKAN MASKER KE WARGA DESA TELATANG
===============================
Selatan News, Telatang, 19 Februari 2021
Pemerintah sudah melakukan vaksinasi guna mencegah virus corona. Namun, sampai saat ini, virus Corona COVID-19 masih menghantui masyarakat dunia. Tak hanya karena jumlah kasusnya yang terus naik, tetapi cara penularannya pun semakin bervariasi sehingga membuat masyarakat khawatir.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa penyebaran virus Corona bisa terjadi melalui udara. Dalam pedoman terbarunya yang dirilis di laman resminya, WHO akhirnya memasukkan udara sebagai salah satu transmisi atau cara penularan virus Corona.
Mengutip Harian Kompas, 10 Juni 2020, ilmuwan dari McMaster University di Ontario, Kanada,  Derek Chu, memimpin studi metaanalisis terhadap 44 riset yang melibatkan 25 ribu orang atau partisipan dari 16 negara.

Hasil studi ini sudah dipublikasikan dalam jurnal kesehatan The Lancet, 1 Juni 2020.
Adapun hasilnya, peluang tertular jika kita memakai masker wajah hanya 3 persen. Sementara, jika tidak menggunakan masker, peluang tertular sebesar 17 persen.

Melansir Healthline, Minggu (16/8/2020), pakar kesehatan di Universitas Michigan, AS, Dr MeiLan Han mengatakan bahwa masker menjadi pelindung fisik yang berguna mencegah droplet masuk ke tubuh dan mengurangi penyebarannya di udara.

Han mengatakan, pemakaian masker menjadi semakin penting karena sebagian orang yang terinfeksi Covid-19 tidak menunjukkan gejala, tetapi bisa menularkan virus ke orang di sekitarnya.

Menurut dia, hasil penelitian menemukan fakta bahwa pemakaian masker wajah bisa mengurangi penyebaran virus dari orang-orang yang tidak bergejala ini.

Dalam Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19, disebutkan pula pemakaian masker penting untuk melindungi diri sendiri sekaligus orang lain.

Menurut panduan penggunaan masker yang dikeluarkan oleh Association of Amecian Medical Colleges (AAMC), penggunaan masker sangat penting, baik saat berada di dalam maupun di luar ruangan.

Untuk meningkatkan efektivitas pencegahan virus corona, penggunaan masker juga harus disertai dengan langkah lain seperti jaga jarak dan menjaga kebersihan tangan.

Berdasarkan panduan dari WHO, masyarakat yang berada di daerah dengan penyebaran Covid-19 yang luas dianjurkan untuk memakai masker kain tiga lapis di tempat umum jika menjaga jarak tidak memungkinkan dilakukan.

Selain itu, lansia, orang dengan riwayat penyakit atau masalah kesehatan, juga tenaga medis tanpa kecuali dianjurkan harus memakai masker medis.
”Memakai masker setiap hari sebelum pergi keluar rumah ibarat ritual. Itu seperti memakai seragam. Perilaku kita pun harus sejalan dengan tujuan penggunaan masker, yaitu menerapkan perilaku yang higienis. Perilaku lainnya yang perlu dipraktikkan adalah tidak menyentuh wajah, menghindari kerumunan, dan menjaga jarak,” kata Donald Low, profesor dari Hong Kong University of Science and Technology, seperti dikutip BBC, 12 Mei 2020.

Dalam upaya untuk memutus mata rantai peyebaran Covid-19, Mahasiswa STIE Serelo Lahat yang sedang melakukan KKN Tematik Covid 19 angkatan ke 24 Kelompok 15 Desa Telatang Kecamatan Merapi Barat Kabupten Lahat membagikan masker kepada masyarakat Desa Telatang, Jum’at (19/2/2021).

Ketua Kelompok 15, Dery mengungkapkan kami hari ini dari mahasiswa STIE Serelo Lahat yang sedang melakukan KKN Tematik Covid 19, khusus Kelompok 15 Desa Telatang Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat melakukan pembagian masker kepada masyarakat yang ada di Desa Telatang.
Sebelum pembagian masker, kelompok kami juga mengadakan senam sehat bagi lansia.

“ Masker yang kita bagikan ini merupakan buatan kelompok kami sendiri, berbahan dasar kain “, jelasnya.

Program pembagian masker ini, dilatarbelakangi oleh belum adanya kesadaran masyarakat untuk memakai masker apabila beraktifitas di luar rumah, padahal memakai masker adalah salah satu upaya mencegah penularan virus corona.
Tujuannya adalah agar masyarakat di Desa Telatang bisa terantisipasi dari virus Covid-19. dan kami beserta Pemdes selalu

Tinggalkan Balasan